Sabtu, 13 Oktober 2012

perawatan bearded dragon



Bearded Dragon, reptile yang keliatannya sangar ini termasuk salah satu reptil piaraan yang paling populer. Bearded Dragon tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ribet. Bearded Dragon senang sekali berjemur atau bersantai dibawah hangatnya lampu setiap hari. Yang harus selalu dilakukan dalam memelihara Bearded Dragon  adalah membersihkan kandang dan memberinya makan secara teratur.Untuk urusan kandang, kandang yang bagus buat bearded dragon adalah aquarium kaca atauacrylic dengan jaring kawat yang rapat sebagai penutupnya. Pastikan memakai jaring yang cukup rapat tapi cukup untuk sirkulasi udara di dalam aquarium. Menggunakan aquarium kaca bisa untuk dua alas an yaitu keindahan visual untuk pemeliharanya dan dapat menyerap sinar UV untuk bearded dragon. Pilihan lain untuk bahan kandang adalah kayu dan akrilik. Kalau dari kayu agak sulit untuk di bersihkan, dan kalau dari akrilik akan terkena cakaran kuku bearded dragon hingga tergores dan tidak nyaman untuk dilihat. Gunakan bahan yang menurut anda mudah dibersihkan untuk alasnya seperti Kitchen Paper towel, koran, dan pasir (yang khusus untuk reptile). Karena apabila kotor dan malas membersihkannya akan menimbulkan penyakit bagi BEARDED DRAGON, yang mungkin juga berbahaya bagi manusia. Aksesoris lainnya dapat diletakkan didalam kandang BEARDED DRAGON untuk mengimitasikan lingkungan alaminya. Karena BEARDED DRAGON suka bermalas malasan dan berjemur, batang kayu cocok di letakkan diletakkan di kandang. Usahakan di bersihkan dahulu untuk menghindari jamur dan bakteri lainnya.
Makanan Bearded Dragon biasanya kombinasi antara serangga & sayuran. Bearded dragon makan setiap hari, dan makanannya dari serangga kecil, jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman di campur dengan sayuran yang bervariasi. Untuk sayuran potong daunnya menjadi kecil kecil sebelum diberikan ke bearded dragon.
Bearded Dragon  membutuhkan Sinar UV tiap harinya, dan ini bisa didapatkan dari lampu UV yang dipasang di kandangnya. Sinar UV akan menolong pertumbuhan bearded dragon. Kalau tidak memiliki lampu UV maka bearded dragon harus di jemur tiap pagi antara jam 8 dan 9 pagi.
Suhu udara di dalam kandangnya perlu juga diperhatikan dalam memelihara Bearded Dragon. Penggunaan Lampu basking atau lampu untuk berjemur adalah cara yang paling mudah. Ukuran watt-nya tergantung dari besar dan kecilnya kandang, juga tergantung jarak bearded dragon dari lampu. Sebagian dari kandangnya harus cukup hangat bagi mereka untuk menikmati berjemur tiap harinya. Urusan suhu udara ini juga sangat penting karena BEARDED DRAGON sangat sensitif terhadap suhu. Terlalu panas dan terlalu dingin dapat mempengaruhi kesehatannya.
Semakin besar, BEARDED DRAGON akan semakin peduli dengan wilayah kekuasaannya. Bearded dragon akan jadi sangat teritorialdan sangat tidak di anjurkan untuk menaruh lebih dari satu bearded dragon yang sudah dewasa dengan jenis kelamin yang sama dalam satu kandang karena mereka akan saling berkelahi. Tapi tentu saja hal ini tidak akan terjadi jika beda jenis kelaminnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar